ppgiainjember@gmail.com 082334137269

Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Daljab Batch 2 Tahun 2023

Home >Berita >Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Daljab Batch 2 Tahun 2023
Diposting : Rabu, 23 Aug 2023, 15:21:14 | Dilihat : 121 kali
Orientasi Akademik Mahasiswa PPG Daljab Batch 2 Tahun 2023


PPG UIN KHAS Jember - Prodi PPG sukses selenggarakan kegiatan orientasi akademik yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Daljab Batch 2 secara virtual melalui zoom meeting dan streaming youtube pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Jumlah mahasiswa PPG Daljab batch 2 yang dibiayai APBN dan LPDP ini berjumlah total 212 mahasiswa yang terdiri dari 70 orang Guru Madrasah dan 142 orang guru PAI Sekolah.

Dekan FTIK, Prof. Dr. Hj. Mukni’ah dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terpilihnya Bapak/Ibu guru ini menjadi mahasiswa PPG Daljab batch 2, hal ini patut disyukuri mengingat jumlah antrian guru yang ingin mengikuti PPG berjumlah mencapai puluhan ribu.

Beliau menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk menjaga komitmen dalam mengikuti perkuliahan PPG, mahasiswa agar tidak berhenti di tengah-tengah proses pelaksanaannya mengingat kesempatan mengikuti perkuliahan ini sangatlah dinanti-nantikan banyak orang.

Beliau juga berharap semua saling memotivasi dan memberi semangat agar dapat menyelesaikan perkuliahan ini sehingga dapat lulus dan menjadi guru yang profesional.

Mengutip dari perkataan Direktur GTK Madrasah, bahwa dalam proses PPG ini terdapat 4 hal diantaranya kualifikasi, kompetensi, pengembangan karir dan kesejahteraan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM yang menyambut langsung para peserta PPG batch 2. Dalam sambutannya, beliau memperkenalkan sosok Kiai Haji Achmad Siddiq yang kemudian namanya diabadikan dalam nama kampus ini serta 4 pilar pesan beliau yang senantiasa diimplementasikan oleh sivitas akademika diantaranya, salat berjamaah, mengaji Al-Qur'an, gemar bersalawat kepada Nabi dan tidak berbuat dzalim.

Dilanjutkan dengan orientasi akademik oleh Kasubdit PAI pada PTU/Panitia Nasional PPG Kemenag RI, M. Munir, S.Ag, M.Ag. Penjelasan beliau mengenai Kebijakan dan Mekanisme Pelaksanaan PPG Daljab Tahun 2023.

Di awal penyampaiannya, Kasubdit memaparkan kondisi riil antrian peserta PPg dan mengajak para mahasiswa untuk menata niat dalam mengikuti proses perkuliahan PPG ini yang menjadi bagian dari kiat-kiat sukses PPG. Selain itu ada manajemen waktu, fokus terhadap tugas dan ujian, kolaborasi aktif antara dosen, guru pamong dan mahasiswa serta banyak berdoa kepada Allah Swt dan bersolawat kepada Nabi.

Motivasi inilah yang beliau tekankan kepada para peserta PPG yang berasal dari berbagai latar belakang dan daerah ini.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian mekanisme PPG oleh Kaprodi PPG, Dr. Nino Indrianto, M.Pd Pengenalan Learning Management System (LMS). Dalam penjelasannya beliau menjelaskan secara teknis bagaimana penggunaan LMS, apa saja tugas-tugas yang harus dipenuhi setiap harinya oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen dan guru pamong serta penjelasan mengenai kontrak perkuliahan dalam kegiatan pendalaman materi.

Selamat dan sukses kepada para mahasiswa PPG Daljab batch 2 Tahun 2023. Semoga sukses. (Fa)

Berita Terbaru

Belum ada Berita Terbaru

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;